Sunday, September 8, 2019

Tips memilih buah yang bagus

| Sunday, September 8, 2019
Pengrtian  buah yang bagus dan menyehatkan
yang baik akan mengeluarkan aroma, teksturnya pun tidak terlalu lunak. Beberapa cirri lain juga menjadi tanda kesegaran buah.
Kebanyakan orang tidak memiliki kebun buah yang bisa bebas bebas dipetik kapan saja. Mereka pun harus membelinya, baik di supermarket maupun pasar tradisional.
Untuk bisa memahami proses pematangan pada buah, maka perlu dipelajari beberapa trik untuk mengetahui buah matang. Jadi, Anda tidak akan menyesal lantaran keliru memilih buah yang baik.

Tips memilih buah yang bagus


Berikut ciri-ciri buah yang baik, seperti dilansir Asiarecipe:


- Penampilan buah matang sangat menarik karena warna, ukuran, tekstur, rasa, dan aroma mendukung berkat dihasilkannya gas ethylene. Buah matang juga akan tetap memiliki rasa manis meskipun sudah lama dipetik.
- Untuk buah pisang, apel, nanas, tomat, dan ceri, perubahan warna merupakan salah satu indikasi tingkat kematangan buah yang sangat baik. Untuk menentukan buah yang baik, warna belum tentu menjadi petunjuk yang bisa diandalkan. Pasalnya, beberapa buah menimbulkan perubahan keasaman dan menunjukkan warna terang melalui klorofilnya.
- Aroma bisa menjadi petunjuk rasa. Perubahan kimia terjadi dalam proses pematangan buah-buahan yang menyebabkannya menghasilkan aroma lezat yang berasal dari senyawa volatil.
- Tekstur yang lembut menjadi pertanda buah matang. Untuk mengetahui buah matang atau belum, dibuktikan dengan meremasnya secara lembut. Pengetesan dengan cara diremas ini sangat berguna untuk buah tidak berkulit keras atau tebal, seperti pir, kiwi, dan alpukat. Namun, cara ini tidak bisa dipakai untuk buah melon, nanas, maupun semangka.
- Selain mengetahui tingkat kematangan buah, ketahui pula cara mempercepat proses pematangan buah. Proses ini bisa digunakan pada buah tomat, alpukat, pisang, dan melon. Caranya, hangatkan buah dengan menaruhnya di dekat jendela rumah yang terdapat banyak cahaya atau masukkan ke dalam microwave selama 15 detik. Bisa juga dengan cara memasukkan buah ke dalam kantong kertas lalu ditutup agak longgar.

Baca artikel menarik lain nya:


- Terakhir, ketahui berat buah karena bisa menjadi indikator yang baik bila buah itu sudah matang.

Related Posts

No comments:

Post a Comment